UNTUK MEMAKSIMALKAN REKRUTMEN PTPS, KETUA BAWASLU KUTAI BARAT LAKUKAN MONITORING REKRUTMEN PTPS KE KECAMATAN-KECAMATAN

Sendawar, Bawaslu Kutai Barat- Ketua Bawaslu Kutai Barat Lourensius lakukan monitoring langsung kekecamatan-kecamatan untuk meninjau progress rekrutmen Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) yang dilaksanakan oleh Panwascam, pada Kamis (04/01/2024).

Monitoring ini dilakukan di empat Kecamatan yaitu Kecamatan Barong Tongkok, Kecamatan Sekolaq Darat Kecamatan Melak dan Kecamatan Linggang Bigung.

Ketua Bawaslu Kutai Barat Lourensius menjelaskan bahwa PTPS merupakan unsur penting menentukan kualitas dalam pemungutan dan penghitungan suara di Tingkat TPS.

Karena PTPS ini merupakan unsur yang penting maka Bawaslu Kutai Barat melakukan monitoring untuk memastikan rekrutmen PTPS berjalan sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

Selain itu Lourensius juga menyampaikan monitoring ini juga bertujuan mengetahui apa saja kendala yang dialami oleh Panwascam dalam melakukan rekrutmen.

Lebih lanjut Lourensius menyampaikan dari hasil monitoring yang dilakukan didapat masih minimnya pendaftar untuk PTPS, kasusnya sama disetiap kecamatan yang didatangi padahal monitoring ini dilakukan pada hari ketiga setelah pembukaan pendaftaran, penyamapaian dari Panwascam bahwa rekrutmen tersebut terkendala regulasi cukup menghalangi animo Masyarakat untuk mendaftar menjadi PTPS. Walaupun ada kendala tersebut Lourensius mengharapkan Panwaslu lebih masif menyasar ke kampung-kampung untuk menjaring PTPS agar kuota PTPS bisa terpenuhi tepat waktu. Pungkasnya.

Penulis : Debi_N